Konsumsi Buah Bisa Kurangi Risiko Kanker

00.10 0
Konsumsi Buah Bisa Kurangi Risiko Kanker
Studi ini merupakan yang pertama yang menghubungkan efek buah-buahan dan sayuran terhadap risiko kanker payudara. Para peneliti melibatkan 90.000 responden wanita yang berprofesi sebagai perawat selama 20 tahun.

Responden menceritakan jenis diet mereka yang dianut selama remaja hingga mereka berusia 40an. Lalu peneliti mencari hubungan antara banyak makan buah dan sayur selama remaja dengan kemungkinan risiko kanker.

Peneliti mendapati, minum jus buah tampaknya tidak terlalu mempengaruhi risiko penyakit, tetapi memakan apel, pisang, anggur, jeruk dan kale dikaitkan dengan penurunan signifikan risiko kanker.

Penulis studi berpendapat, temuan mereka dapat sangat berguna bagi masyarakat luas. Kebanyakan studi sebelumnya hanya menekankan pentingnya asupan buah dan sayuran saat seseorang sudah mendekati usia baya. Sementara studi ini menyarankan mengonsumsi buah dan sayur sejak remaja untuk mencegah kanker, terutama kanker payudara pada wanita.

Para peneliti yang berasal dari University of Oxford menulis dalam sebuah editorial bahwa temuan ini menambah bukti bahwa makanan memiliki efek menguntungkan pada kesehatan.

Seseorang perlu berupaya untuk meningkatkan asupan buah-buahan dan sayuran dalam segala umur. Dan yang pasti, tak perlu di jus, buah dan sayur lebih baik dimakan dalam keadaan segar atau tak terlalu matang.

8 Jenis Hewan Peliharaan yang Harus Diwaspadai

00.47 0
Jenis Hewan Peliharaan yang Harus Diwaspadai
Anda penggemar binatang peliharaan? Berhati-hatilah karena binatang kesayangan Anda mungkin saja dapat mengakibatkan penyakit bagi Anda dan keluarga. Hal ini dinyatakan oleh American Academy of Pediatrics baru-baru ini. Berikut adalah jenis hewan peliharaan yang harus diwaspadai:

Berbagai jenis reptil
Kura-kura kecil telah dilarang untuk diperdagangkan di toko hewan peliharaan beberapa dekade lalu, karena menjadi media salmonella. Salmonella merupakan mikroorganisme penyebab penyakit pada usus, dan dapat mematikan pada anak-anak. Reptil jenis lain, seperti iguana, kadal, dan ular juga mengandung kuman salmonella.

Hamster
Binatang pengerat ini memang menggemaskan, tapi perlu diwaspadai karena hamster membawa salmonella. Selain itu, hamster juga membawa virus penyebab radang otak, yang dapat menyebabkan kerusakan syaraf permanen.

Landak
Landak juga membawa kuman salmonella, serta rabies. Selain itu duri-duri tajamnya dapat membahayakan, dan dicurigai mampu menularkan penyakit infeksi jamur kulit.

Monyet dan primata lainnya
Monyet jenis macaque menularkan virus herpes B, yang menyebabkan radang selaput otak (meningitis) yang fatal pada manusia. Selain itu, monyet juga menularkan tuberculosis.

Ayam dan unggas lainnya
Juga membawa kuman salmonella.

Musang
Berbahaya karena dapat menyerang anak-anak. Dilaporkan terjadinya serangan yang menyebabkan putusnya telinga dan hidung anak-anak akibat serangan musang.

African Gambian Rat
Menyebarkan monkeypox, sejenis cacar.

Rakun, kucing besar, dan binatang buas lainnya
Sangat berbahaya bila dibiarkan bersama anak-anak. "Meskipun dekat dengan binatang peliharaan adalah sesuatu yang baik untuk anak-anak, namun patut diwaspadai risiko yang mungkin terjadi", kata Joseph Bocchini, ketua jurusan pediatric pada Louisiana State University Health Sciences Center di Shreveport. Dia juga menyatakan bahwa binatang yang umum dipelihara seperti anjing, kucing, dan ikan juga harus diwaspadai. Anjing dan kucing dapat menyebarkan beberapa penyakit seperti toksoplasmosis, penyakit pada usus, serta demam akibat cakaran. Ikan dapat menyebabkan infeksi mycobacteria penyebab penyakit pada paru-paru, kusta, serta berbagai infeksi kulit lain.

Tentu saja Anda tidak harus berhenti memelihara binatang kesayangan Anda, yang harus Anda lakukan adalah berhati-hati dan menjaga kebersihan setiap selesai memegang binatang tersebut. "Kesehatan binatang peliharaan harus selalu diperhatikan, juga patuhi jadwal imunisasi yang ada", imbuh Joseph Bocchini.
Jadi bermainlah dengan binatang kesayangan Anda, tapi jangan lupa untuk mencuci tangan setelahnya.

Manfaat Puding untuk Kesehatan

00.20 0
Manfaat Puding untuk Kesehatan
Puding, makanan kenyal yang lembut ini ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, khususnya karena kandungan ekstrak rumput laut yang menjadi bahan dasarnya. Berikut ini daftar lengkap manfaat puding bagi kesehatan kita:

1. Melancarkan pencernaan
Kandungan puding yang mencakup serat, sangat bermanfaat bagi pencernaan, yaitu membantu kita membersihkan usus serta memperlancar pencernaan. Jika usus bersih dan pencernaan lancar, tentu kita terbebas dari sembelit dan juga penyakit pencernaan lainnya.

2. Makanan diet
Jika kita merasa lapar namun merasa "terlalu berat" jika harus makan nasi, cobalah puding. Puding merupakan makanan yang cocok untuk menahan rasa lapar karena kandungan seratnya bersifat mengenyangkan namun tidak membuat gemuk.

3. Antioksidan
Puding yang mengandung ekstrak rumput laut dapat berfungsi sebagai antioksidan, karena klorofil pada ganggang laut dapat membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang membahayakan tubuh.

Demikian beberapa manfaat puding bagi kesehatan. Jadi, tidak ada salahnya kita mencoba memasukkan puding dalam daftar makanan sehari-hari.

Jumlah Protein yang Dibutuhkan Satu Hari

01.54 0
Jumlah Protein yang Dibutuhkan Satu Hari
Kita semua mengerti kalau tubuh membutuhkan protein, yang bisa kita dapatkan dari bermacam makanan. Tapi, apakah kita tahu berapa banyak asupan protein yang dibutuhkan oleh tubuh?

Untuk memenuhi kebutuhan protein harian, kita bisa menggabungkan beberapa jenis makanan. Seprti daging, susu, kacang-kacangan, biji-bijian, hingga sayuran yang kaya protein. Alasannya sudah jelas. Protein penting untuk kesehatan tubuh kita. Protein menjadi ‘mortir’ untuk kesehatan otot, tulang, dan darah. Lalu, berapa rata-rata asupan protein yang dibutuhkan tubuh?

U.S. Dietary Guidelines mengatakan, orang dewasa harus mengambil minimal 10 persen kalori harian dari protein (setara dengan 0.36 gram protein per pound/0,45 kg pada berat badan). Guideline juga mengatakan, asupan kalori yang sehat bagi tubuh berkisar 35 persen dari kalori harian.

Dengan terpenuhinya kebutuhan protein, tubuh pun bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Tubuh memecah protein menjadi asam amino. Lalu, menggunakan mereka untuk membangun otot. Protein juga bisa menjadi sumber energi cadangan yang dibutuhkan tubuh. Karena tiap gram dari protein yang kita makan, mengandung empat kalori.

Diet tinggi protein
Diet tinggi protein sering dipromosikan sebagai cara untuk menurunkan berat badan. Diet ini juga dikaitkan dengan kesehatan otot di masa tua. Tapi hal ini pun masih jadi perbincangan dikalangan ahli. “Beberapa studi mendukungnya, beberapa tidak,” kata dietitian Kathy McManus, direktur pada Department of Nutrition di Harvard-affiliated Brigham and Women’s Hospital.

Di usia pertengahan, orang-orang mulai kehilangan massa otot dan fungsinya. Kondisi ini menimbulkan risiko kelemahan. Hilangnya fungsi otot di usia pertengahan atau tua, telah menyita perhatian banyak ahli. Tapi menurut mereka, belum ada bukti yang kuat kalau makanan tinggi protein, dapat mencegah hilangnya fungsi otot. Tidak meyakinkan pula diet tinggi protein dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

9 Alasan Pentingnya Sarapan

01.54 0
Alasan Pentingnya Sarapan
Sebagian orang melewatkan sarapan dan menganggapnya tidak begitu penting. Padahal, sarapan adalah makan yang paling penting sepanjang hari. Ketika tidur, tubuh sibuk mencerna makan malam yang dikonsumsi sebelumnya, sehingga ketika bangun di pagi hari tubuh membutuhkan lebih banyak bahan bakar. Nah, ini dia 9 alasan mengapa sarapan itu penting!

1. Sarapan yang sehat akan membantu metabolisme tubuh lebih baik. Makanan di pagi hari seperti sinyal yang ke otak yang memberitahu bahwa kita siap bekerja. Jadi, asupan seimbang di pagi hari sangat dibutuhkan untuk memulai hari.

2. Ketika melewatkan sarapan, kita cenderung akan rakus atau makan terlalu banyak di siang hari. Hasrat untuk mengonsumsi makanan berlemak dan berkalori akan lebih tinggi. Bahkan, jika kita berhasil menahan lapar hingga malam hari, kita akan lebih banyak ngemil sepanjang malam yang kemudian menyebabkan kenaikan berat badan.

3. Sarapan memberikan nutrisi dasar untuk tubuh. Jika tidak sarapan, maka kita tidak dapat mendapatkan cukup mineral dan vitamin yang dibutuhkan sepanjang hari.

4. Tidak sarapan juga akan membuat tubuh lebih cepat lelah di siang hari. Hal ini dikarenakan tubuh tidak memiliki cukup energi.

5. Sarapan tidak hanya akan membuat tubuh merasa kenyang, namun juga akan membantu pikiran baik sepanjang hari. Dengan sarapan, kita cenderung lebih bersemangat dalam berkegiatan, baik di rumah, sekolah, maupun kantor.

6. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa sarapan tidak hanya berpengaruh pada fisik, namun juga hal lainnya, termasuk suasana hati. Sarapan dapat membangkitkan suasana hati yang baik, karena dapat mengatur kadar gula darah dengan makan siang

7. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang sarapan cenderung memiliki ingatan jangka pendek dibandingkan yang tidak sarapan.

8. Melewatkan sarapan berarti juga membiarkan tubuh kosong selama berjam-jam, yang menyebabkan otak tidak dapat fokus dengan baik. Penurunan konsentrasi pun akan terjadi, ditambah dengan sakit kepala serta rasa lapar yang membuat konsentrasi semakin kacau.

9. Studi terbaru menunjukkan pula, jika melewatkan sarapan terus-menerus, seseorang akan cenderung memiliki kolestrol jahat yang tinggi. Dalam jangka panjang, ini dapat mengakibatkan berbagai penyakit terkait, misalnya jantung dan diabetes.

Sekarang kita sudah tahu 9 alasan mengapa sarapan itu penting. Apakah Anda sarapan pagi ini?